Jumat, 20 Maret 2009

McLAREN JAJAL PERANGKAT AERODINAMIKA BARU

HARI KELIMA UJICOBA DI SIRKUIT JEREZ

Sesi ujicoba Formula 1 di Sirkuit Jerez, Spanyol kemarin atau hari kelima, Kamis (19/3/09), resmi berakhir. Pada sesi penutup tersebut, pembalap Williams-Toyota, Kazuki Nakajima tampil tercepat mengalahkan pembalap McLaren-Mercedes, Heikki Kovalainen.


Kazuki Nakajima mampu menjadi pembalap tercepat dengan mencatat waktu 1 menit 17.494 detik setelah menyelesaikan 102 lap. "Kami sudah menjajal (mobil) FW31 lebih dari 8.000 km dalam dua bulan terakhir dan, meskipun selalu ada wilayah yang masih perlu diperhatikan, reliabilitasnya sudah bagus," tutur direktur teknis Williams, Sam Michael.

Sedangkan rekan satu tim Kazuki Nakajima di Williams-Toyota, Nico Rosberg mengatakan bahwa mesin Toyota dapat bersaing dengan tim papan tengah Formula 1. Dan untuk bisa lebih baik lagi, mereka membutuhkan pengujian lebih lanjut. "Ada potesi perkembangan yang luar biasa sepanjang tahun dengan aturan-aturan baru," tambah pembalap Jerman itu.


Sementara itu pembalap McLaren-Mercedes, Heikki Kovalainen, yang pada ujicoba hari keempat mampu tampil tercepat, pada hari kelima ini malah melorot diurutan kedua. Ia hanya mampu mencatat waktu tercepat kedua dengan 1 menit 17.946 detik. Hal ini mengesankan bahwa performa McLaren-Mercedes masih lamban dan mengkhawatirkan untuk menghadapi lomba pertama yang berlangsung minggu depan. Tapi kubu McLaren beralasan bahwa ujicoba hari terakhir tersebut adalah untuk menjajal perangkat aerodinamika yang baru dikirim langsung dari markas tim McLaren di Inggris. Sehingga butuh waktu untuk mencari bentuk dan menyesuaikan dengan mobil MP4-24 agar performanya meningkat.


HASIL TES HARI KELIMA DI JEREZ :

1. Kazuki Nakajima Williams-Toyota 1:17.494

2. Heikki Kovalainen McLaren-Mercedes 1:17.946

1 komentar: